Where The Student Shine

Jl. Glatik No. 3 Kota Tegal Telp. (0283) 341877 - 323519 Kode Pos : 52131

Axioo Smart Class Room

Tuesday, May 30, 2017

Perbedaan RPL VS TKJ, Apa sih yang dipelajari & Bagaimana Prospeknya??

Perbedaan RPL VS TKJ,  Apa sih yang dipelajari & Bagaimana Prospeknya?? mari kita kepoin satu per satu, apa yang namanya RPL dan apa yang namanya TKJ... karena kedua-duanya sama-sama mempelajari komputer.

Perbedaan RPL VS TKJ,  Apa sih yang dipelajari & Bagaimana Prospeknya??
Perbedaan RPL VS TKJ,  Apa sih yang dipelajari & Bagaimana Prospeknya??


Apa itu RPL...??

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Perbedaan RPL VS TKJ,  Apa sih yang dipelajari & Bagaimana Prospeknya??


Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Apa yang dipelajari dan Bagaimana Prospeknya...??

Ngapain aja sih kalo lulus jurusan RPL...

1. Kualitas perangkat lunak (software quality)
2. Teknik kebutuhan perangkat lunak (requirements engineering)
3. Manajemen proyek perangkat lunak (project management)
4. Pengujian perangkat lunak (software testing)
5. Metode formal (formal methods)
6. Penjaminan mutu perangkat lunak (software quality assurance)
7. Verifikasi perangkat lunak (software verification)
8. Perangkat lunak terdistribusi (distributed software engineering)
9. Manajemen konfigurasi perangkat lunak (software configuration management)
10. Perawatan perangkat lunak (software maintenance)
11. permodelan dan perancangan perangkat lunak (software design and modelling)
12. Arsitektur perangkat lunak (software architectures)
13. Arsitektur perangkat lunaks (software architecturess)

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai RPL dan prospek atau bidang pekerjaan kalo anda masuk di jurusan RPL... Keren kan??

Apa itu TKJ...??

Teknik komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Perbedaan RPL VS TKJ,  Apa sih yang dipelajari & Bagaimana Prospeknya??

Teknik komputer dan jaringan saat ini keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional.

Menjalani jurusan teknik komputer dan jaringan tidak semudah yang dibayangkan oleh beberapa peminat khususnya calon siswa yang mendaftar pada jurusan ini.

Jurusan Teknik komputer dan jaringan ini dapat dicapai dengan maksimal ketika ditunjang dengan bakat seseorang, disinilah letak persolan jurusan ini.

Karena jika sesorang mengikuti program TKJ sementara jurusan ini tidak dapat dijiwai dengan baik maka akan terasa berat dalam hal implementasi dilapangan sementara promosi yang sudah ada dimata publik adalah jurusan yang sudah siap diimplementasikan dalam dunia kerja khususnya diperusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Jaringan.

Menjadi satu kepuasan tersendiri jika jurusan ini dikembangkan berdasarkan bakat dan minat yang besar khususnya bagi siswa sekolah menengah kejuruan yang benar-benar ingin memiliki ilmu yang berkaitan dengan komputer dan jaringan.

Apa yang dipelajari...??
Disekolah yang setara dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sudah mulai banyak yang melirik atau membuka peluang jurusan ini disebabkan karena perminataan pasar sudah mulai banyak, ada beberapa alasan utama mengapa jurusan ini diminati oleh pada siswa diantaranya :

#1. Melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya;

#2. Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun;

#3. Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada henti seiring dengan perkembangan jaman khususnya dijaman digitalisasi seperti sekarang ini;

#4. Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai kontrol terhadap mesin-mesin tersebut;

#5. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibigan usaha, ekonomi, perbankan, perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain sebagainya.

Dari semua jabaran diatas sudah terlihat sangat jelas bahwa semua kegiatan sehari-hari tidak pernah telepas dari ilmu yang diterapkan dalam jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ), sehingga menjadi peluang basar bagi lembaga-lembaga yang bergerak dibidang pendidikan sangat berkeinginan untuk mengembangkan program TKJ lebih jauh lagi.

Berdasarkan pengalaman dalam praktek kerja industri siswa yang melakukan magang pun masih belum memiliki kemapanan dalam mengimplementasikan ilmunya dalam dunia kerja yang diakibatkan keterbatasan pengetahuan yang dimiliki oleh pelaku magang.

sehingga pada pelaku industri harus bekerja keras untuk memberikan ilmu yang seluas-luasnya kepada siswa magang terkait disamping harus melaksanakan pekerjaan rutinitas peruhsaan.

Hal ini menjadi beban tersendiri bagi pelaku industri sebab harus memberikan kurikulum tambahan atau pelengkap dari kurikulum yang diterapkan oleh sekolah.

Salah satu solusi yang paling efektif saat ini adalah dengan jalan memberikan tambahan ilmu praktisi kepada siswa magang melalui bahan materi ajar dengan model pembelajaran jarak jauh atau e-learning yaitu dimana siswa mendapatkan bimbingan dan konsultasi langsung oleh tutor.

Model e-learning sebenarnya mirim saja dengan model belajar konvensional hanya mekanisme kerjanya e-elearning menggunakan media internet sebagai peyampaian pesan atau modul ajar kepada siswanya.

Mengenai model belajar yang dimaksud materinya akan dibahas tersendiri dalam website ini dan pada prinsipnya model belajar yang diterapkan adalah model e-learning (Pembelajaran jarak jauh).

Apa itu jurusan TKJ ?

Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

Bagaimana..???

sudah jelas belum, Perbedaan TKJ dengan RPL... Jika anda sudah sedikit paham setidaknya artikel ini dapat memberikan gambaran ketika akan memilih sebuah jurusan / paket keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

AXIOO CLASS PROGRAM, Apa itu..???

Khusus di SMK AL-IRSYAD TEGAL, siswa dibekali dengan AXIOO CLASS PROGRAM, MIKROTIK ACADEMY, dan masih banyak pelatihan serta sertifikasi dari pihak perusahaan komputer bekerja sama dengan AXIOO CLASS PROGRAM.

AXIOO CLASS PROGRAM

dengan masuk ke AXIOO CLASS PROGRAM, setiap siswa akan memperoleh laptop yang dirakit sendiri dan setelah lulus akan mendapatkan 14 sertifikat bertaraf internasional seperti microsoft, mikrotik, axioo, seagate, dll.

juga dari ORACLE ACADEMY, CISCO, dan sertifikasi dari Praktek Kerja Industri (Prakerin) di dunia usaha dan dunia perusahaan.

selain siswa dibekali ilmu  dan keahlian yang mumpuni di bidang komputer serta teknologi sehingga menguasai komputer dan IT secara expert, siswa juga dibekali dengan ilmu agama yang dalam dengan kegiatan-kegiatan sholat dhuha berjamaah, tartil qur'an, tadarus berjamaah, dll dengan dibimbing oleh Guru Agama yang berkompeten dan profesional lulusan dari Universitas Islam Ternama dari dalam dan luar negeri bahkan ada yang sudah DOKTOR.

Ayo, Jangan Ragu...! Daftarkan putra putri anda di SMK AL-IRSYAD KOTA TEGAL.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment